5 Cara Cek Nomor BPJS Ketenagakerjaan Dengan NIK KTP Yang Mudah

Cara cek nomor BPJS ketenagakerjaan

Bagaimana cara cek nomor BPJS ketenagakerjaan dengan NIK?

Sebagai peserta BPJS ketenagakerjaan, kamu tentu akan mendapatkan kartu BPJS ketenagakerjaan sebagai bukti kepesertaan BPJS ketenagakerjaan dan menjadi kartu identitas peserta BPJS ketenagakerjaan. Perlu kamu ketahui bahwa terdapat nomor BPJS ketenagakerjaan atau nomor Virtual Account pada kartu BPJS masing – masing peserta.

Nomor tersebut digunakan untuk melakukan pembayaran iuran BPJS ketenagakerjaan setiap bulannya. Selain itu, nomor BPJS ketenagakerjaan juga menjadi penting karena bisa digunakan untuk mengecek tagihan BPJS ketenagakerjaan dan untuk mengetahui informasi lain seputar BPJS ketenagakerjaan.

Jika kamu lupa nomor BPJS ketenagakerjaan, kamu cukup melihat kartu BPJS ketenagakerjaan yang kamu miliki. Namun, jika kartu BPJS ketenagakerjaan rusak atau bahkan hilang, bagaimana cara mengetahui nomornya?

Tenang, jangan panik ! Karena ada solusi untuk mengatasi lupa nomor BPJS ketenagakerjaan yang kartunya rusak atau hilang, kamu hanya membutuhkan Nomor Induk Kependudukan atau NIK. Kamu tentunya tidak asing lagi dengan NIK karena memang tercantum di KTP kamu.

Berikut 5 cara cek nomor BPJS ketenagakerjaan dengan NIK KTP yang mudah :

  • Via Website

Cara cek nomor BPJS ketenagakerjaan dengan NIK KTP melalui website cukup mudah. Kamu tinggal mengunjungi website sso.bpjsketenagakerjaan.go.id.

Lalu, masukkan alamat email dan kata kunci yang sudah terdaftar sebelumnya. Silahkan klik tombol “Saya bukan robot” atay recaptcha. Lalu login dan pilih cek kartu digital. Setelah itu, akan terlihat nomor BPJS ketenagakerjaan kamu di layar.

  • Via Aplikasi JMO

Cara cek nomor BPJS ketenagakerjaan selanjutnya adalah melalui aplikasi JMO. Selain bisa cek nomor, aplikasi JMO juga bisa kamu gunakan untuk mengetahui saldo yang dimiliki. Namun, sebelumnya kamu harus unduh terlebih dahulu aplikasi tersebut dan sudah terdaftar disana.

Baru setelah itu, kamu bisa cek nomor BPJS ketenagakerjaan melalui aplikasi JMO. Namun, cara ini hanya berlaku bagi peserta BPJS ketenagakerjaan yang sudah pernah mendaftar di aplikasi JMO.

  • Via Situs Resmi BPJS Ketenagakerjaan

Jika merasa enggan download aplikasi JMO, kamu bisa cek nomor BPJS ketenagakerjaan melaui situs resmi BPJS ketenagakerjaan.

Caranya mudah, kamu cukup buka situs www.bpjsketenagakerjaan.go.id atau sso.bpjsketenagakerjaan.go.id. Setelah itu, login dengan menggunakan email dan kata sandi yang sudah didaftarkan sebelumnya. Selanjutnya, tinggal klik cek kartu digital untuk melihat nomor BPJS ketenagakerjaan kamu.

  • Via Call Center

Cara cek nomor BPJS ketenagakerjaan dengan NIK KTP selanjutnya yaitu melalui call center. Kamu tinggal sampaikan permohonan kepada petugas melalui nomor 175. Lakukan panggilan pada saat jam kerja dan pastikan kamu memiliki pulsa yang cukup untuk menelepon.

  • Via Media Sosial

Cara cek nomor BPJS ketenagakerjaan dengan NIK KTP yang terakhir adalah melalui media sosia yang bisa dicoba via Facebook dan Twitter.

Kamu bisa sampaikan permohonan melalui Facebook BPJS ketenagakerjaan yang bercentang biru. Adapun akun resmi Facebook dan Twitter yang sudah terverifikasi yaitu @BPJSTKinfo.

Jika via Facebook, kamu tinggal buka Facebook BPJSTKU di @BPJSTKindo. Lalu kirim permohonan kamu melalui fitur kirim pesan atau inbox. Setelah itu cantumkan nama lengkap, tempat tanggal lahir, nama ibu kandung, dan NIK KTP.

Sementara jika via Twitter, bisa buka dulu Twitter @BPJSTKinfo. Lalu cari fitur direct message. Setelah itu, ketik format mulai dari nama lengkap, tempat tanggal lahir, nama ibu kandung, dan NIK e-KTP.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *