Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Supaya Berhasil Dipanggil Interview

contoh surat lamaran kerja

Surat lamaran pekerjaan adalah sebuah berkas dokumen yang mampu memberikan kesan awal kepada perusahaan mengenai sosok kandidat pekerja. Oleh karena itu, setiap contoh surat lamaran kerja harus diperhatikan setiap hal-hal utama supaya impresi pertama dari perusahaan terhadap kamu benar-benar baik. Hal-hal utama tersebut yaitu seperti di bawah ini.

Hindari menulis info yang ada pada dokumen CV

Lebih baik anda tidak menuliskan informasi tertentu yang sebenarnya sudah tertera di dalam CV. Surat lamaran ini memang harus bisa menggambarkan pencapaian atau pun beberapa informasi terkait CV, tetapi usahakan menghindari membuat surat lamaran pekerjaan sama dengan isian CV yang dilampirkan.

Oleh karena itu, anda bisa coba ringkas pencapaian secara singkat lalu dikemas dengan menarik juga. Isian lamaran kerja perlu dibuat tegas dan juga merujuk ke apa yang sudah Anda miliki. Pengalaman atau pencapaian kerja yang dibahas secara singkat menjadi poin yang penting untuk isi jenis surat satu ini.

Format penulisan surat lamaran harus benar

Ada banyak kesalahan dilakukan pelamar kerja ketika menulis surat ini, kemungkinan format penulisan salah padahal bisa saja sering terjadi atau tidak sesuai EYD. Hal satu ini harus diperhatikan dengan baik saat membuat lamaran kerja baik memakai komputer maupun langsung lewat email.

Terdapat beberapa format penulisan tertentu yang biasanya ditentukan pihak perusahaan, misal ada ketentuan tertentu dalam penulisan subjek email, menulis lamaran pada badan teks juga bisa saja terdapat aturan format tertentu.

Maka dari itu, harus terlebih dahulu perhatikan aturan yang diterbitkan dari perusahaan pada saat mengumumkan informasi lowongan kerja.

Hindari bekas dihapus dan coretan jika membuat langsung di kertas

Ada kesalahan yang harus dihindari saat menulis kata-kata pada dokumen lamaran kerja yaitu coretan, typo dan sebagainya. Faktor satu ini bisa mempengaruhi perusahaan menilai karakter seperti mengenai kehati-hatian atau ketelitian.

Kalau terdapat coretan, maka reputasi Anda dapat dinilai negatif karenanya. Bahkan bisa saja Anda dinilai pribadi yang kurang disiplin, dan berantakan, atau kurang dapat bekerja dengan tepat sasaran.

Lebih baik hindari hal seperti ini termasuk kalau Anda menulis surat lamaran pekerjaan melalui email. Supaya benar-benar bisa teliti, surat lamaran perlu dicek lagi berkali-kali semisal ada tulisan typo.

Kalau kesalahan tersebut dilakukan saat membuat cover letter atau surat lamaran pekerjaan manual, maka lebih baik ganti kertas saja. Hindari juga menghapus tulisan atau mencoret, lakukan saja pembuatan surat lamaran pekerjaan secara perlahan. Hati-hati mulai menulis dokumen satu ini mengingat berkas satu ini bersifat profesional.

Pastikan kembali tidak ada kesalahan

Anda disarankan untuk pastikan kembali keterbacaan surat memang sudah benar, pastikan semuanya sudah sesuai sebelum akan benar-benar mengirimnya. Misalnya tidak ada pengejaan yang salah dalam surat lamaran pekerjaan tersebut, hindari pengulangan kata-kata yang kurang penting, pastikan juga tata bahasa atau grammar sudah sesuai jika memakai bahasa Inggris.

Supaya lebih yakin lagi, Anda dapat saja meminta keluarga atau teman membaca surat lamaran pekerjaan terlebih dahulu dan minta pendapat mereka.

Pastikan sudah ditanda-tangani

Hal satu ini mungkin diabaikan beberapa orang, tetapi anda harus pastikan surat lamaran telah ditanda-tangani sebelum akan mengirimkannya. Hal ini mungkin sedikit tradisional, tapi tanda tangan pada nyatanya penting menunjukkan keaslian seseorang dalam pembuatan surat terkait. Demikian saja, semoga bisa berguna untuk anda semua.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *