Mengatasi Jerawat Nodul, Apa yang Harus Dilakukan?

jerawat nodul

Pernah mendengar tentang jerawat nodul sebelumnya? Dibandingkan dengan beberapa jenis jerawat lainnya, bisa dikatakan bahwa jerawat nodul merupakan jenis jerawat yang memiliki efek cukup serius. Pasalnya, benjolan jerawat ini tidak hanya muncul di bagian permukaan wajah saja melainkan juga di lapisan kulit bagian dalam.

Kondisi tersebut akan berakibat cukup buruk pada penderita. Seseorang yang mengalami jerawat nodul bukan hanya akan merasakan peradangan, tetapi juga nyeri ketika jerawat tersebut dipegang karena adanya pembengkakan yang terjadi. Selain itu, jerawat nodul juga bisa berefek pada kerusakan jaringan parut secara permanen.

Nah, pada kesempatan ini akan dibahas tentang cara yang bisa diandalkan untuk mengatasi masalah ini. Penasaran? Cek ulasan selengkapnya!

Penyebab Jerawat Nodul

Apa yang menjadi sebab dari jerawat nodul ini? Perlu diketahui bahwa jerawat nodul memiliki ukuran yang lebih besar serta berwarna lebih gelap. Hal ini dikarenakan jerawat nodul berisi lebih banyak nanah dan juga darah kotor. Secara umum, jerawat nodul disebabkan karena bakteri penyebab jerawat yang menginfeksi pori-pori wajah.

Selain itu, para pakar mengatakan bahwa pemicu utama munculnya jerawat nodul adalah hormon androgen. Jika kadar androgen tersebut meningkat, maka produksi minyak di kulit wajah juga akan bertambah banyak dan risiko jerawat nodul akan bertambah besar.

Kasus jerawat nodul bisa terjadi pada siapa saja. Namun, para pakar mengatakan bahwa remaja di usia pubertas memilikirisiko yang lebih tinggi.

Cara Mengatasi Jerawat Nodul

Kasus jerawat nodul yang muncul tentu memerlukan perawatan khusus agar masalah ini segera bisa diatasi. Adapun beberapa cara yang efektif untuk mengatasi jerawat nodul diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Menggunakan antibiotik

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk mengatasi jerawat nodul adalah menggunakan antibiotik. Opsi ini sangat penting karena umumnya jerawat nodul disebabkan oleh adanya infeksi dari bakteri.

Nah, dengan menggunakan antibiotik, maka pertumbuhan bakteri tersebut bisa diatasi dengan lebih mudah. Hanya saja, solusi ini disarankan diterapkan untuk jangka pendek saja.

  • Menggunakan isotretinoin

Isotretinoin juga bisa diandalkan untuk mengatasi jerawat nodul yang terjadi. Dengan kandungan yang dimiliki, obat ini akan mengatasi peradangan dan juga mengecilkan jerawat yang muncul.

Hanya saja, penggunaan obat ini harus disertai dengan resep dan pengawasan dokter. Pasalnya, penggunaan yang tidak sesuai akan menimbulkan permasalahan seperti kulit yang lebih sensitif dari sinar matahari. Selain itu, obat ini tidak disarankan untuk digunakan pada ibu hamil.

Beberapa obat di atas bisa menjadi solusi mengatasi jerawat nodul. Namun, tentu, ada baiknya jika Anda memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan informasi tentang kondisi jerawat nodul tersebut. Juga, Anda bisa membaca artikel kecantikan untuk mengetahui seluk beluk tentang jerawat nodul yang lebih lengkap.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *