Tips Membeli Perhiasan Berlian Terjangkau Namun Berkualitas

Berlian masih dan akan selalu menjadi primadona bagi wanita yang menyukai perhiasan. Pasalnya berlian asli terbentuk secara alami selama miliaran tahun lamanya. Tidak heran jika pesona yang dihadirkan selalu membuat wanita merasa ingin memilikinya. Namun perlu Anda ketahui bahwa tidak semua perhiasan berlian mahal. Masih banyak perhiasan berlian terjangkau yang berkualitas.

Lalu bagaimana cara menemukannya? Tentu saja tidak mudah menemukan perhiasan tersebut. Berikut ini adalah beberapa tips membeli berlian terjangkau dan berkualitas yang bisa Anda ikuti:

Pahami Standar 4C Terlebih Dahulu

Standar 4C adalah standar yang paling umum dalam menilai sebuah perhiasan berlian. Standar 4C sendiri terdiri dari empat faktor yaitu clarity atau kejernihan, color atau warna, cut atau potongan, dan carat atau berat karat. Anda perlu memahami keempat faktor tersebut. Pasalnya keempat-empatnya berpengaruh terhadap harga sebuah perhiasan berlian. Semakin bagus nilainya, tentu saja harganya akan semakin mahal.

Cut adalah Aspek Terpenting

Dari empat standar penilaian 4C, cut atau potongan ternyata adalah aspek yang paling penting. Oleh sebab itu, Anda wajib membeli perhiasan dengan potongan yang maksimal. Potongan berlian berhubungan dengan kilauan yang dihasilkan. Jika potongannya sempurna, maka kilauannya juga sempurna dan indah.

Grade tertinggi adalah excellent, lalu very good, good, fair, dan terakhir poor. Potongan yang baik ternyata bisa menutupi color dan clarity. Anda harus memilih perhiasan berlian dengan potongan terbaik yaitu excellent cut. Jadi kilauan dan pantulan cahaya yang dihasilkan sempurna.

Clarity dan Color Tidak Harus yang Tinggi

Clarity atau kejernihan dan color atau warna sebuah perhiasan berlian asli tidak harus tinggi, namun bukan berarti harus rendah. Clarity adalah kejernihan sebuah berlian. Berlian dikatakan sempurna dan jernih apabila tidak memiliki inklusi atau tanda cacat. Sedangkan color adalah warna berlian yang terlihat oleh mata.

Beberapa toko perhiasan mungkin menyarankan Anda untuk memilih grade tertinggi. Tapi untuk menghemat budget, Anda tidak harus memilih clarity dan color tertinggi. Anda boleh memilih kualitas berlian di bawah F-VVS. Dengan potongan atau cut yang sempurna, clarity dan color tersebut bisa tertutupi.

Mengenal Bentuk Potongan Berlian

Berlian memiliki bentuk yang cukup beragam seperti round cut, heart shape, pear shape, princess cut, dan lain sebagainya. Berlian bulat atau round cut adalah yang paling populer. Round cut diamond memiliki kedalaman yang paling baik dan cemerlang. Selain itu tampilannya juga mewah. Tidak ada perbedaan harga berarti mengenai bentuk potongan berlian yang telah disebutkan. Semuanya tergantung dari berat karat perhiasan berlian yang Anda beli.

Mengetahui Pasaran Harga Berlian

Tips terakhir yaitu mencari tahu harga berlian di pasaran. Jadi Anda bisa membandingkan toko perhiasan mana yang harganya paling terjangkau. Cara mencari tahu harga pasaran yaitu mulai dari harga berlian per karat. Satu karat sama dengan 0,2 gram atau 0,007 ons. Selain itu, cari tahu juga harga berlian berdasarkan kualitasnya. Misalnya berapa harga perhiasan berlian 0,5 karat dengan kualitas F-VVS di setiap toko. Lakukan riset mendalam untuk mendapatkan toko terbaik dan termurah.

Itulah beberapa tips membeli perhiasan berlian terjangkau yang bisa Anda lakukan. Sangat mudah bukan? Anda bisa mendapatkan perhiasan terjangkau apabila membeli di Mondial Jeweler. Bahkan ada perhiasan asli yang harganya di bawah Rp1 jutaan. Perhiasan tersebut adalah salah satu perhiasan yang ada di seri Moela yang terkenal sebagai perhiasan terjangkau. Anda bisa langsung datang ke gerai Mondial Jeweler untuk melihatnya. Atau mengunjungi website www.mondialjeweler.com terlebih dahulu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *