Mau Mudik Pakai Roda Dua Persiapkan Beberapa Hal Penting Ini!!

persiapan mudik dengan motor

Mudik lebaran sudah di ujung mata, terlebih lagi pemerintah Indonesia memperbolehkan warganya untuk mudik di tahun 2022. Walaupun dengan beragam peraturan uniknya, namun garis besar yang bisa kita ambil adalah tahun ini akhirnya warga Indonesia dapat menikmati mudik kembali seperti sedia kala.

 

Bagi Anda yang ingin mudik pakai kendaraan roda dua alias motor, ternyata ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan berikut ini.

 

1. Siapkan Kendaraan

Yang pertama pastikan anda memiliki motor, atau paling tidak sewa. Setelah itu pastikan motor Anda berada dalam kondisi yang siap untuk dibawa perjalanan jarak jauh, dan membawa beban berat. Untuk masalah ini anda bisa membawa motor ke bengkel terpercaya, guna memastikan kondisi kendaraan.

 

2. Siapkan Stamina Diri

Hal kedua setelah kondisi motor, pastikan kondisi diri sendiri sebagai pengemudi dan juga pembonceng. Jangan sampai stamina pengemudi sedang dalam kondisi buruk, periksakan diri ke dokter kalau diperlukan.

 

3. Persiapkan Barang Bawaan Seefisien Mungkin

Hal penting ketiga adalah tentang barang bawaan, tidak mungkin mudik tidak bawa barang bawaan menuju kampung halaman dan banyak oleh-oleh ketika kembali ke kota. Maka dari itu biasakan diri untuk menata barang bawaan di motor dengan seefisien mungkin, jangan terlalu banyak membawa barang bawaan karena itu dapat membahayakan diri pengemudi maupun pembonceng. Bawa barang secukupnya dan sisanya bisa di packing kemudian dikirim melalui ekspedisi pengiriman yang kini sudah menjamur di Indonesia, soal harga untuk pengiriman tidak terlalu mahal karena perkilonya bisa dibanderol mulai dari Rp. 5.000 sampai Rp.20.000. mungkin untuk barang-barang penting seperti dokumen atau perhiasan bisa dibawa langsung ketika kembali ke kota ataupun mudik, namun sisanya jangan dipaksakan hingga melebihi kapasitas motor Anda.

 

4. Bawa Bekal Makanan dan Minuman Sendiri

Di tengah pandemi covid 19 ini, ada baiknya untuk membawa bekal makanan dan minuman sendiri dari rumah. Selain irit dalam biaya karena tidak perlu jajan di jalan, makanan atau minuman yang dibawa sendiri terjamin kebersihannya.

 

5. Tentukan dan Pastikan Jalur Perjalanan Anda

Terakhir perjalanan mudik harus sudah pasti melalui jalur mana, Anda sebaiknya sudah menguasai Medan yang akan dilalui. Agar nantinya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan di tengah perjalanan.

 

Sekian ulasan tentang persiapan mudik dengan motor sendiri, selamat mudik semoga sehat sampai kembali ke rumah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *