Fortune Indonesia Berita Ekonomi Terbaru
Bisnis

Kinerja Meningkat, Astra Internasional Capai Laba Hampir Seperti Sebelum Pandemi

Menduduki peringkat ketiga dalam daftar 100 perusahaan terbesar se-indonesia dalam Fortune Indonesia: Berita Ekonomi Terbaru, PT Astra internasional memang mencetak kinerja yang paling memuaskan selama 9 bulan pertama di tahun 2021 ini. Perusahaan yang dipimpin oleh Djoni Bunarto Tjondro sebagai presiden direktur Astra internasional ini tercatat mencapai laba dengan besaran yang hampir menyamai laba sebelum pandemic terjadi dan berikut ini berbagai fakta menariknya yang telah dirangkum untuk Anda.

 

1. Pendapatan naik 28%

Grup Astra tahun ini mencapai pendapatan sebesar 167,4 triliun rupiah di mana menurut data tahun sebelumnya dengan laba 130,3 triliun rupiah maka pendapatan Astra international tahun ini naik sebanyak 28,4%. Pendapatan dan laba yang diraih PT Astra international tbk disinyalir meningkat dari tahun sebelumnya dikarenakan adanya topangan dari segmen atau motif dan juga komoditas.

 

2. Segmen otomotif sebagai penyumbang terbesar

7 aspek yang merupakan revenue emiten dengan kode ASII di antaranya adalah properti dan teknologi, informasi logistik dan infrastruktur agribisnis, alat berat pertambangan konstruksi dan energi jasa keuangan serta otomotif. Dari ke-7 segmen tersebut, segmen otomotif lah yang menjadi penyumbang laba terbesar yaitu sekitar 67,99 triliun rupiah atau dikatakan naik sebanyak 36,8% tahun ini dimana pada posisi kedua ada pendapatan dari alat berat, pertambangan, konstruksi dan energi yang meningkat sekitar 24,4% menjadi sebesar 57,8 triliun rupiah.

 

3. Pertumbuhan laba

Dari semua data di atas dipastikan Astra internasional mengalami kenaikan dan pertumbuhan laba yaitu grup Astra tercatat mampu mencapai laba bersih sampai 14,9 triliun dimana keuntungan perusahaan bertumbuh sebanyak 6,7% yang sebelumnya pada periode yang sama di tahun 2020 mencapai keuntungan 14,0 triliun.

 

4. Otomotif dan komoditas sebagai penyokong terbesar

DJoni Bunarto Tjandra mengungkapkan dalam sebuah konferensi pers bahwa kinerja Astra group secara keseluruhan membaik hanya dalam 9 bulan pertama di tahun 2021. Hal ini disokong oleh dua segmen Astra yang yang memberikan hasil signifikan yaitu harga komoditas yang tinggi serta volume penjualan otomotif yang besar.

 

5. Neraca keuangan grup lebih sehat

Data penjualan mobil yang dilakukan Astra group pada kurun waktu yang lama meningkat dan terjadi sebanyak 79% di mana pangsa pasarnya naik dari 52% menjadi 55%. Ketidakpastian mikro ekonomi yang terjadi diakibatkan oleh pandemi bagi DJoni tetap memberikan optimisme sendiri agar perusahaan tetap memiliki kinerja bagus menghadapi sisa periode akhir tahun ini ditambah posisi neraca keuangan group saat ini lebih sehat dan solid.

 

6. Saham Astra menguat

Kinerja Astra yang meningkat menyebabkan posisi saham Astra di pasar saham juga menguat dimana pada bursa perdagangan saham, Jumat 8 Oktober lalu, saham Astra berada di posisi 6.025 rupiah per lembarnya. Sementara itu harga saham ASII sendiri dalam enam bulan terakhir mencapai 9,6% yang dikategorikan sebagai peningkatan dan secara tahunan meningkat sebanyak 11,6%.

 

7. Laba belum mencapai era pra covid

Meski dengan sejumlah peningkatan yang menggembirakan laba PT Astra bisa dibilang belum menyamai capaian covit-19 dimana laba ASI sendiri pada Januari September 2020 mencapai hingga 15,9 triliun rupiah. Meski begitu PT Astra tetap optimis dan bersemangat sebab pertumbuhan laba dan peningkatan pendapatan merupakan hal baik yang patut diapresiasi dan dipertahankan.

 

8. Fortune Indonesia

Daftar peringkat Fortune Indonesia 100 yang digelar oleh majalah bisnis berkualitas waktu Indonesia merupakan ajang apresiasi kepada perusahaan-perusahaan besar Indonesia yang mampu bertahan dan mengubah strategi untuk menyesuaikan saat pandemi melanda. Untuk anda yang membutuhkan informasi seputar bisnis terpercaya dan inspirasi bisnis yang berkualitas maka Indonesia bisa menjadi jawabannya dan dapatkan majalah berkualitas ini di toko-toko buku terdekat.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *