jagung
Kesehatan

Ternyata Inilah Kelebihan Nasi Jagung Dibandingkan Nasi Putih

Nasi putih merupakan bahan yang dikonsumsi oleh mayoritas orang Indonesia maupun di Asia pada umumnya. Karena ketergantungan tersebut membuat banyak yang merasa belum makan kalau belum menyantap nasi putih. Padahal sudah mengonsumsi makanan berat dan sumber karbohidrat lain yang membuat kenyang seperti kentang, mie, sereal, burger, dan lainnya. Nasi putih sendiri kurang sehat untuk dikonsumsi terutama bagi penderita penyakit tertentu yang harus menggantinya dengan jenis sumber karbohidrat lain. Sehingga Anda juga bisa untuk mengubah bahan makanan tersebut dengan bahan yang lebih sehat. Seperti nasi putih yang dapat diganti dengan bahan jagung yang juga merupakan sumber makanan pokok yang digunakan sebagian kecil orang di Indonesia.

Mengenal Nasi Jagung

Nasi jagung merupakan nasi yang terbuat dari bahan jagung . Jenis nasi ini biasanya dikonsumsi oleh masyarakat yang di daerahnya merupakan penghasil jagung. Sehingga bisa memaksimalkan hasil panen tersebut untuk dikonsumsi sehari-hari. Daerah yang mengkonsumsi nasi jagung seperti di Nusa Tenggara Timur dan Jawa Timur. Untuk nasi jagung sendiri bukan merupakan nasi yang dicampur dengan jagung. Akan tetapi nasi jagung merupakan olahan dari jagung itu sendiri. Sehingga nasi jagung merupakan olahan murni dari jagung yang diolah yang mempunyai bentuk seperti nasi. Hal tersebut tentu saja mempunyai warna dari nasi jagung ini juga seperti warna jagung yaitu kuning.

Kandungan Nasi Jagung

Nasi jagung yang diolah dari jagung mempunyai kandungan yang beragam dan baik untuk kesehatan. Seperti kandungan yang dipunyai adalah serat yang tinggi dan sumber karbohidrat baik untuk tubuh. Hal tersebut membuat nasi jagung bisa menjadi pilihan pengganti nasi putih bagi penderita diabetes. Karena serat jagung dapat untuk melepaskan glukosa sehingga dapat digunakan untuk mendapatkan energi. Mengonsumsi nasi jagung juga tidak akan membuat gula darah menjadi naik seperti ketika mengonsumsi nasi putih. Oleh karena itulah untuk penderita diabetes yang mengonsumsi nasi jagung juga akan dapat mengontrol gula darah lebih baik dibandingkan mengonsumsi nasi putih.

Selain serat dan karbohidrat tinggi, kandungan lain yang terdapat di nasi jagung adalah:

  • Nasi jagung mempunyai kandungan vitamin A, vitamin B, vitamin B2, dan vitamin B3.
  • Nasi jagung mempunyai kandungan folat.
  • Kandungan fosfor.
  • Kandungan magnesium, mangan, dan selenium.
  • Nasi jagung mempunyai kandungan kalori yang rendah yaitu hanya 140 kalori, sedangkan untuk nasi putih mempunyai kandungan 175 kalori.

Manfaat Nasi Jagung untuk Kesehatan

Mengganti nasi putih dengan nasi jagung bisa memberikan manfaat untuk kesehatan yaitu berikut ini:

  1. Dapat untuk membantu menjaga kesehatan tulang karena kandungan kalsium, fosfor, dan magnesium yang ada di dalamnya.
  2. Dapat mencegah anemia karena mempunyai kandungan yang dapat membantu pembentukan sel darah merah.
  3. Dapat mencegah penyakit kardiovaskular seperti stroke dan jantung karena mempunyai kandungan lemak dan efek anti aterogenetik dalam nasi jagung.
  4. Dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan kandungan vitamin A di dalamnya.
  5. Dapat dikonsumsi untuk ibu hamil yang dapat mempercepat produksi ASI dan menjaga bayi lahir sehat.

Dengan beragam manfaat yang ditawarkan dari nasi jagung seperti di atas, maka Anda bisa memilih untuk mengonsumsi nasi jagung dibandingkan nasi putih. Selain itu jagung juga bisa dibuat bahan lainnya sebagai lauk yang lezat dan sehat. Bagi yang membutuhkan jagung, Anda bisa membelinya dengan mudah di TaniHub yang menyediakan jenis jagung yang beragam. Sehingga bisa diolah menjadi nasi jagung, lauk dari jagung, maupun campuran sayur yang sehat.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *