bir hitam Guinness
Kesehatan

Bir Yang Bermanfaat Buat Yang Tahu

Bir jika diminum sesuai aturan sebenarnya memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan kita. Terlepas dari berbagai kontrovesi di semua negara tetang minuman beralkohol coba kita cermati berbagai temuan tentang berbagai manfaat bir ini. Manfaat tersebut antara lain:

 

1. Membantu kesehatan otak

Tahukah kalian bahwa pada penelitian yang telah terjadi pada 3.660 peserta menunjukkan bahwa orang yang minum bir seminggu sekali lebih beresiko terkena stroke loh. Apabila kita bandingkan dengan mereka yang suka terhadap bir hitam. Peneliti menyimpulkan bahwa alkohol seperti pada bir hitam Guinness memiliki kemampuan untuk mengencerkan darah, sehingga mencegah terjadinya penggumpalan darah. Namun jika kita mengkonsumsi bir secara berlebih tentunya akan mempengaruhi otak khususnya atrofi otak yang mana kemampuannya akan berkurang. Dan ada baiknya kalian meminum bir yang mempunyai banyak nutrisi diantaranya protein, Vit B, lalu zat besi, magnesium, riboplavin, dan sebagainya.

2. Mencegah terserang penyakit alzheimer

Para peneliti di Loyola University Chicago Stritch School of Medicine menganalisis beberapa studi dan menyimpulkan bahwa orang yang sering minum bir kadar 23% lebih kecil kemungkinannya untuk terkena penyakit Alzheimer. Kandungan zat silikon dalam bir akan mencegah berbagai bentuk demsnsia dan gangguan kognitif, termasuk alzheimer. Dengan adanya silicon dalam bir akan membuat otak terlindungi dari berbagai efek berbahaya aluminium, yang mana merupakan salah satu pemicu Anda terkena serangan Alzheimer.

3. Kaya antioksidan

Bir yang mengandung antioksidan memiliki kandungan zat xathohumol. Xanthohumol diketahui memiliki sifat anti kanker yang dapat membantu menahan enzim oenyebab kanker di dalam tubuh. Orang yang minum bir dalam batas yang wajar dapat menurunkan reaksi kimia tertentu yang sering menyebabkan kanker prostat pada pria. Selain itu dengan minum bir maka akan menurunkan kemungkinan seorang wanita terkena kanker payudara.

4. Membantu mengurangi ketombe

Fakta lain yang unik bahwa bir juga dapat digunakan sebagai obat alami yang bisa menghilangkan ketombe di kepala kita. Hal ini disebabkan karena bir memiliki kadar ragi yang tinggi dan kaya vitamin B. Hanya keramas dengan bir kira-kira dua atau tiga kali seminggu, maka ketombe anda akan lenyap serta rambut lebih lembut dan berkilau.

5. Meningkatkan kesehatan jantung

Pada tahuun 2012 pada sebuah penelitian menemukan bahwa orang yang rutin mengkonsumsi bir dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular pada tubuh. Selain itu para penliti juga menyatakan bahwa tipe bir ini mempunyai antoksidan alami yang bernama fenol. Fenol dan antioksidan inilah yang dapat meningkatkan fungsi kerja jantung.

 

Sekian banyak hal-hal positif yang terkandung dalam  bir tentu perlu kita sikapi secara bijaksana. Apapun makanan atau minuman jika konsumsi secara berlebih maka tentu tidak akan baik bagi tubuh. Minum kopi terlalu banyak juga tidak baik. Minum air putih satu galon sekaligus juga tentu tidak baik. Nah, semua makanan atau minuman dikonsumsi dengan bijaksana. Yang terpenting dalam mengkonsumsi bir hitam Guinness adalah dengan minum secukupnya yaitu maksimal 2 gelas per hari bagi pria dan 1 gelas per hari untuk wanita.

 

Bir juga memiliki kalori yang cukup tinggi yang tentu dapat meningkatkan berat badan anda. Selain itu terlalu banyak minum bir juga akan mengakibatkan penumpukkan lemak di perut. Penumpukkan lemak di perut ini disebut beer belly. Perut buncit atau gendut ini akan meningkatkan risiko terkena penyakit berbahaya seperti jantung, kolesterol, dan penyumbatan pembuluh darah.  Minum bir terlalu banyak juga dapat merusak organ hati dan memicu berbagai penyakit serius mulai dari perlemakan hati hingga sirosis. Selain itu risiko kecanduan dan perilaku buruk saat anda mabuk dapat membahayakan diri sendiri dan orang lain.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *