Teknologi

Ketahui Tips Aman Investasi Deangan Uang Kripto.

Tren berinvestasi saham saat ini memang sedang naik daun, terutama bermain saham dengan uang kripto Uang kripto atau cryptocurrency sendiri merupakan salah satu jenis aset digital yang digunakan untuk jual beli atau media pertukaran dengan menggunakan kriptografi sebagai jaminan sekuritas aset anda dan segala pencatatannya menggunakan sistem blockchain. Ada berbagai macam mata uang kripto yang digunakan saat ini mulai dari bitcoin, litecoin, dogecoin, dan masih banyak lagi. Saat ini, bitcoin menjadi mata uang kripto yang populer dibandingkan mata uang yang lain. Setiap bitcoin pada dasarnya memiliki nilai tukar, saat ini satu keping bitcoin jika dikonversikan ke rupiah Indonesia atau biasa disebut  btc to idr  senilai sekitar Rp.500.000.000, dengan nilai sebanyak itu tentu perlu dipertimbangkan matang-matang sebelum memutuskan berinvestasi saham dengan cryptocurrency. Ada beberapa hal yang perlu diketahui sebelum beinvestasi saham seperti berikut:

1.Pahami resiko menggunakan uang kripto.

Sebelum memutuskan untuk bermain saham dengan uang kripto atau cryptocurrency baiknya anda ketahui terlebih dahulu seluk beluk resiko menggunakan uang kripto. Hal ini disebabkan uang kripto seperti bitcoin memiliki volatilas yang tinggi. Volatilas merupakan perubahan suatu harga dalam jangka waktu tertentu. Cryptocurrency merupakan jenis aset yang memiliki volatilas yang tinggi karena perubahannya begitu cepat. Sebelum memutuskan menggunakan kripto sebagai instrumen investasi pahami dulu tren yang terjadi. Seperti misal konversi btc to idr atau bitcoin ke rupiah Indonesia yang bisa menyentuh hingga harga 600 juta tetapi juga bisa anjlok ke 45.000.

2.Pahami jenis aset kripto sebelum mulai bertransaksi.

Berinvestasi dengan uang kripto berarti anda harus memilih mata uang dari cryptocurrency yang tersedia seperti misalnya bitcoin, karena uang kripto cenderung memiliki fluktuasi yang tinggi, kadang harganya melonjak tinggi dan kadang harganya rendah. Agar menghindari kerugian yang besar ada baiknya anda tidak menggunakan uang yang digunakan untuk kebutuhan pokok anda.Gunakan uang ‘dingin’ atau uang yang mana anda siap gunakan dan anda sanggup jika uang itu melayang. Jangan paksakan investasi lebih dari yang anda mampu.

3.Lakukan riset

Teliti segala hal yang menyangkut dengan kripto yang akan anda gunakan. Mulai dari jenis uang kripto yang anda gunakan, fluktuasinya, hal-hal yang anda harus pahami seperti keamanan, kepercayaan uang kripto tersebut, legalitasnya serta pahami konsekuensi pajaknya.

4.Cek cryptocurrency dengan Bappebti.

Bappebti atau badan pengawas perdagangan berjangka komoditi merupakan sebuah lembaga dibawah naungan kementerian perdangan republik Indonesia yang berfokus pada komoditi berjangka seperti obligasi, hasil pertambangan, valuta asing, dan aset kripto. Bappeti yang merupakan lembaga resmi negara menyediakan berbagai daftar aset kripto yang terdaftar dan legal untuk digunakan di Indonesia. Setiap negara memiliki kebijakan yang berbeda mengenai uang kripto, maka dari itu ada baiknya sebelum memilih mata uang kripto cari tahu terlebih dahulu apakah mata uang tersebut terdaftar atau tidak untuk digunakan.

Beberapa poin diatas merupakan poin utama yang perlu dimengerti dan diketahui sebelum memulai investasi jangka panjang dengan aset kripto agar bisa meminimalisir kerugian yang kemungkinan terjadi. Jangan karena merasa uang kripto aman karena menggunakan kriptografi kuat kita jadi malas untuk mencari tahu seluk-beluk investasi kripto dan pastikan cash flow keuangan anda sedang dalam keadaan baik sebab, kripto merupakan instrumen investasi saham yang memiliki resiko tinggi.

 

 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *