Dokter Obgyn Jakarta
Kesehatan

5 Pertanyaan yang Wajib Ditanyakan ke Dokter Obgyn Saat Program Hamil

Bagi pasangan yang baru menikah, program hamil menjadi salah satu tindakan yang lazim dilakukan. Persiapan untuk program ini biasanya membutuhkan perhatian khusus, sehingga anda perlu mengunjungi dokter Obgyn untuk konsultasi. Apa saja pertanyaan yang perlu diajukan ke dokter Obgyn Jakarta terbaik? Intip daftarnya berikut ini agar konsultasi anda tidak sia sia.

Pertanyaan yang Diajukan Saat Konsultasi ke Dokter Obgyn

  1. Kapan Peluang Terbesar untuk Hamil

Agar anda bisa segera hamil, maka perlu diketahui kapan peluang terbesar yang memungkin sel sperma dapat bertemu dengan sel telur dan terjadi pembuahan. Jadi jangan lupa untuk menanyakan hal satu ini. Umumnya dokter akan menanyakan beberapa hal seperti berkaitan dengan siklus menstruasi, atau bahkan langsung menyarankan tes kesuburan.

  1. Kapan Harus Minum Suplemen Persiapan Hamil

Saat melakukan program hamil, tidak jarang dokter menyarankan untuk mengonsumsi suplemen persiapan hamil karena kondisi ini memang membutuhkan persiapan yang tidak main main. Umumnya suplemen yang direkomendasikan adalah yang mengandung asam folat tinggi, karena bagus untuk kandungan dan janin.

Namun kapan sebaiknya suplemen persiapan hamil tersebut mulai diminum ? Sebaiknya anda menanyakan hal ini saat sesi konsultasi dengan dokter Obgyn Jakarta. Anda juga bisa sekaligus minta untuk dibuatkan resep terkait suplemen tersebut, apabila dokter memang sudah menyarankan untuk mengonsumsinya.

  1. Perlukah Screening Genetic Carrier

Beberapa penyakit genetik bukan tidak mungkin diturunkan dari ayah atau ibu ke si kecil. Untuk mengetahui apakah ada penyakit genetik, maka anda dan pasangan perlu melakukan screening genetic carrier terlebih dahulu. Namun sebaiknya anda bertanya pada dokter terlebih dahulu apakah perlu melakukan screening tersebut.

Jika memang dirasa perlu, maka dokter tentunya akan membantu prosedur screening genetic carrier tersebut. Bahkan setelah hasilnya keluar, dokter akan membantu mencari solusi hingga mengobati penyakit yang ditemukan apabila memungkinkan. Ini akan memperbesar peluang bayi lahir dalam kondisi yang sehat.

  1. Perlukah Melakukan Vaksin Tertentu

Tidak hanya penyakit genetik yang perlu diwaspadai, karena beberapa penyakit yang diderita oleh ibu juga dapat menular pada bayi yang ada di dalam kandungan. Oleh sebab itu, anda sebaiknya bertanya terkait dengan hal tersebut. Apakah sekiranya membutuhkan vaksin tertentu untuk mencegah si kecil tertular penyakit dari sang ibu.

  1. Olahraga yang Direkomendasikan

Aktif bergerak memang baik untuk pertumbuhan janin nantinya. Namun kondisi kandungan setiap orang berbeda beda, sehingga tidak semua olahraga direkomendasikan untuk ibu hamil. Agar aman, sebaiknya anda bertanya pada dokter Obgyn Jakarta mengenai olahraga apa yang paling baik dilakukan selama persiapan hamil maupun ketika sudah hamil.

Itulah beberapa pertanyaan penting yang sebaiknya tanyakan saat berkonsultasi pada dokter Obgyn. Jika ada yang mengganggu pikiran juga sebaiknya segera ditanyakan, demi kebaikan si cabang bayi. Untuk mendapatkan konsultasi berkualitas dengan dokter Obgyn, anda bisa datang langsung ke klinik OMDC yang memiliki banyak dokter profesional dan berpengalaman.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *