permintaan nomor seri faktur pajak
Bisnis

5 Fakta Permintaan Nomor Seri Faktur Pajak di e-Nofa

Permintaan nomor seri faktur pajak sudah bisa kamu lakukan dengan mudah loh. Karena permintaan NSFP tersebut sudah tersedia secara online yaitu melalui aplikasi e-Nofa. Hal ini tentunya menguntungkan berbagai pihak diantaranya kamu sebagai Pengusaha Kena Pajak dan bagi pihak yang merekap pelaporan pajak setiap tahunnya.

Permintaan nomor seri faktur pajak yang melalui e-Nofa merupakan penerapan dari aturan yang telah dibuat oleh Direktorat Jenderal Pajak. Tepatnya pada aturan SE-08/PJ/Tahun 2020 yang membahas mengenai bagaimana Tata Cara Penyelesaian Permintaan Nomor Seri Faktur Pajak. Nah sebelum kamu terjun langsung dalam proses permintaan nomor seri faktur pajak ada baiknya kamu membaca tips berikut ini agar proses tersebut bisa berjalan lancar.

Fakta-Fakta Permintaan Nomor Seri Faktur Pajak di e-Nofa

Proses permintaan nomor seri faktur pajak bisa kamu lakukan secara manual ataupun melalui aplikasi online e-Nofa. Nah kamu bisa memperhatikan tips berikut ini yaa ketika akan melakukan permintaan NSFP. Agar proses tersebut bisa berjalan lebih lancar karena kamu sudah mempersiapkan hal-hal yang dibutuhkan.

  • Mempunyai Sertifikat Elektronik yang Belum Habis Masanya

Tips yang pertama yang perlu kamu lakukan adalah mengecek sertifikat elektronik yang kamu punya. Dimana kamu harus melihatnya apakah sertifikat tersebut masih berlaku ataukah sudah masuk kadaluarsa. Jika kamu mendapati sertifikatmu sudah tidak berlaku kamu harus segera mengupdatenya yaa.

Selanjutnya jika kamu sudah mempunyai sertifikat elektronik tersebut kamu harus menginstallnya di perangkat yang kamu gunakan saat ini. Sertifikat ini perlu kamu pasang di browser kamu yaa, untuk caranya kamu bisa mencarinya di berbagai situs website yang menyediakan panduan memasang sertifikat seperti KlikPajak.

  • Mempunyai Laporan SPT Masa PPN pada periode 3 bulan terakhir

Tips selanjutnya ketika kamu akan melakukan permintaan nomor seri faktur pajak yaitu memperhatikan laporan pajak PPN periode 3 bulan terakhir. Yang mana harus kamu pastikan terlapor, karena jika belum kamu laporkan maka permintaan nomor seri faktur pajak yang kamu ajukan akan mengalami penolakan. Untuk kamu yang belum tau masa PPN dari SPT sebaiknya segera lakukan pengecekan di website resmi direktorat jenderal pajak ya. Nah tapi bagi kamu yang baru resmi menjadi PKP tidak perlu melakukan pelaporan SPT karena memang belum ada riwayat yang terekam.

  • Memahami Ketentuan Nomor Seri yang Kamu Minta

Nomor faktur ada batasan maksimalnya loh, bagi kamu yang baru sebagai PKP atau yang ada dalam periode 3 masa pajak terakhir hanya bisa menerbitkan 75 faktur. Jika ingin lebih maka harus mengajukan permintaan nomor seri faktur pajak lagi agar bisa sampai 120 nomor.

  • Ketahui Kapan Minta NSFP yang Tepat

Kamu sebagai PKP harus paham kapan waktu yang tepat melakukan permintaan NSFP yaa. Waktu paling tepat adalah setelah kamu menjadi PKP (khusus PKP baru), setelah kamu mengalami pemusatan, dan pastinya sebelum NSFP yang kamu punya habis meskipun itu belum tutup tahun ya.

  • Aturan Untuk Seri Yang Tidak Kamu Gunakan

Apabila kamu mempunyai nomor seri faktur pajak yang tidak terpakai ada baiknya langsung membuat laporan untuk KPP yaa. Khususnya KPP yang meresmikan kamu sebagai PKP. Untuk waktu pelaporannya bisa kamu lakukan pada SPT Masa PPN bulan Desember di tahun tersebut. Nah untuk formulirnya bisa kamu peroleh di lampiran IVF yang ada di peraturan DJP pada pasal 10 ayat 2 PER-24/PJ/2012.

Dan perlu kamu ketahui juga jika pelaporan ini tidak mempengaruhi proses kamu dalam melakukan permintaan nomor seri faktur pajak yaa.

Nah itulah informasi atau fakta yang patut kamu kenali sebelum mengajukan permintaan nomor seri faktur pajak. Selain menggunakan e-Nofa memang kamu bisa mengajukan secara manual ke kantor pajak. Namun di era digital seperti sekarang akan sangat banyak keuntungan yang bisa kamu peroleh saat mengajukannya secara online.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *