5 Cara Kontrol Berat Badan Ibu Hamil
Kesehatan

5 Cara Kontrol Berat Badan Ibu Hamil

Kenaikan berat badan pada masa kehamilan merupakan hal yang normal. Bahkan kondisi tersebut masuk ke dalam salah satu ciri kehamilan. Meski begitu, bunda harus tetap memperhatikan berat badan agar tetap normal. Kontrol berat badan ibu hamil agar proses lahiran sesuai harapan.

Ada beberapa cara untuk mengontrol berat badan agar tetap normal pada masa kehamilan. Berikut ini telah kami rangkum cara-caranya agar bunda bisa menjaga berat badan agar tetap normal pada masa kehamilan.

5 Cara Kontrol Berat Badan Ibu Hamil

1.Rutin Berolahraga

Olahraga tidak hanya untuk orang normal saja. Ibu yang sedang hamil juga wajib untuk melakukan aktivitas ini. Pasalnya, olahraga memiliki banyak manfaat yang juga bagus untuk ibu hamil.

Saat ini ada banyak olahraga yang bisa dilakukan oleh ibu yang sedang hamil. Mulai dari jalan santai, berenang, hingga yoga khusus untuk ibu hamil. Silahkan bunda pilih sesuai dengan kemampuan dan keinginan.

2.Memilih dan Mengonsumsi Makanan Sehat

Pastikan bunda memilih makanan yang sehat pada masa kehamilan. Pilihlah makanan-makanan seperti sayuran, buah, hingga jenis daging tanpa lemak. Selain itu, bunda juga bisa memilih makanan-makanan lainnya seperti sereal maupun roti yang terbuat dari bahan gandum.

Makanan-makanan olahan dari gandum bagus untuk pencernaan. Gandum, buah-buahan, dan sayuran juga merupakan makanan yang kaya akan serat. Lengkapi juga dengan mengonsumsi susu setiap hari.

Makanan sehat bukan hanya sekedar makanan yang terbuat dari bahan-bahan terbaik seperti sayuran maupun daging tanpa lemak saja. Makanan sehat juga diolah dengan cara yang benar. Artinya, bahan-bahan dan pengolahannya pun harus diperhatikan.

3.Tidak Mengonsumsi Makanan Olahan

Selain memilih makanan yang bagus untuk dikonsumsi, ketahui juga makanan yang harus dihindari. Sebut saja salah satunya jenis makanan olahan. Pasalnya, jenis makanan ini terbuat dari kandungan gula buatan yang tinggi.

Selain makanan olahan, hindari juga beberapa jenis minuman yang tinggi akan zat aditif dan natrium. Juga tidak dianjurkan untuk memakan permen, es krim, snack jajanan, dan cemilan-cemilan lainnya dalam jumlah yang banyak.

Makanan olahan dan produk cemilan biasanya memiliki kandungan lemak trans fat yang tinggi. Kandungan tersebut dapat meningkatkan berat badan bunda dalam masa kehamilan.

3.Memperhatikan Kalori yang Akan Dikonsumsi

Sebelum makan, perhatikanlah jumlah kalori pada makanan yang akan dikonsumsi. Selain kadar kalori, ketahui juga kadar gula, lemak, dan garam pada makanan. Tujuannya agar bunda bisa mengontrol berat badan secara optimal.

Dengan memerhatikan makanan secara detail, maka berat badan tubuh bisa terkontrol secara optimal. Pilihlah jenis makanan-makanan yang rendah kalori. Jangan lupa juga untuk menghindari jenis makanan-makanan junk food.

4.Masak Makanan Sendiri di Rumah

Seberapa lezat dan tampak sehat makanan di luar, bunda belum bisa memastikannya jika tidak tahu bahan dan cara pengolahannya. Berbeda ketika bunda membuat makanan sendiri di rumah.

Masak makanan sendiri adalah solusi tepat untuk mengonsumsi makanan lezat namun tetap sehat. Bunda bisa memilih bahan-bahan terbaik, dan diolah secara optimal agar menjadi makanan yang bagus untuk ibu hamil.

Ada banyak sekali jenis pengolahan makanan yang bisa bunda implementasikan. Mulai dari ditumis, direbus, atau bahkan di-steam. Pengolahan-pengolahan tersebut, jauh lebih baik dibandingkan dengan mengolah makanan dengan cara digoreng.

5 cara kontrol berat badan ibu hamil di atas bisa bunda coba aplikasikan sendiri di rumah. Bunda bisa mengaplikasikan semua cara di atas agar berat badan tetap normal menjelang proses persalinan. Dengan begitu, proses melahirkan pun akan menjadi lebih baik.

 

 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *