Cara Ampuh Memulai Bisnis Jasa Kirim Barang Untuk Pemula
Bisnis

Cara Ampuh Memulai Bisnis Jasa Kirim Barang Untuk Pemula

 

Bisnis kurir atau jasa kirim barang bukanlah sesuatu yang baru dalam kehidupan sehari-hari. Hampir setiap orang pernah menggunakan jasa satu ini. Saat ini, permintaan masyarakat terkait jasa pengiriman semakin tinggi sehingga bisnis seperti ini sangat banyak peminatnya. Tak heran kalau dalam satu daerah ada lebih dari 2 jasa kurir. Dulu, anda hanya punya 1 pilihan untuk mengirimkan barang, tapi sekarang pilihan membludak. Anda bisa memilih sesuai yang anda inginkan. Saat ini, banyak pihak swasta yang menekuni bisnis ini. Apakah anda juga tertarik? Jika ya, anda boleh mencobanya dengan memakai tips berikut:

Menentukan letak kantor

Sebelum bertindak lebih jauh, anda harus terlebih dulu menentukan dimana kantor anda akan berdiri. Memang, dalam membangun bisnis kurir, anda pasti butuh kantor atau setidaknya tempat sebagai pusat pelayanan konsumen. Dalam kasus ini, anda sangat diharapkan mendapatkan tempat strategis. Artinya, tempat harus mudah dijangkau dan didatangi para konsumen.

Lalu, bagaimana anda kebagian tempat yang terpencil atau tak strategis? Anda harus menjemput bola sebagai solusi terbaiknya dalam melayani setiap konsumen yang bermaksud menggunakan jasa anda. Artinya, anda sebisa mungkin door to door untuk menawarkan jasa anda. Mungkin kedengarannya sedikit menyulitkan, tapi mereka nanti akan datang dengan sendiri jika anda konsisten memberi pelayanan terbaik.

Memilih wilayah pelayanan dan jenis transportasi

Bisnis kurir juga bisnis apapun pasti memerlukan sebuah sarana transportasi sebagai jembatan untuk mengirimkan semua barang. Anda cerdas dalam mennentukannya karena penentuan kendaraan dan wilayah tentu mempengaruhi jumlah modal anda nantinya. Sebagai contoh, anda menginginkan bisnis anda dapat menjangkau beberapa wilayah dan pengiriman barang besar jumlahnya. Maka, modal anda juga harus besar. Kenapa? Wilayah yang luas pasti transportasinya juga harus memadai, seperti mobil. Tapi, kalau modal anda kecil, sebaiknya membuat usaha dalam lingkup yang sempit dahulu. Cukup gunakan sepeda motor sebagai sarana anda untuk pengiriman barang. Namun harus diingat, sepeda motor tak bisa mencakup wilayah luas.

Menentukan bentuk pelayanan

Tips selanjutnya dalam bisnis ini yakni menentukan bagaimana bentuk pelayanan yang akan diberikan. Dalam bisnis ini, ada begitu banyak penawaran yang bisa diberikan pada setiap pelanggan misalnya mengirim barang, dokumen, dan juga mengantar makanan. Inilah mengapa wajib bagi anda untuk memutuskan jenis layanan yang akan ditawarkan dalam usaha tersebut. Kalau anda ingin menawarkan semuanya, anda bisa saja melakukannya untuk mendapat laba yang sangat besar dan menguntungkan. Tapi jika semua pelayanan anda tawarkan, anda harus siap denga segala perlengkapan yang mendukung bisnis anda dan juga SDM atau pegawai. Artinya, modal pun akan sangat membengkak. Jika demikian, mana yang anda pilih?

Mempromosikan usaha anda

Jika semua persiapan telah ditentukan dan beres, selanjutnya, anda tak boleh diam saja menunggu pelanggan. Ingat, usaha anda terbilang baru. Maka, anda harus berjalan untuk memasarkannya. Artinya, kewajiban anda adalah memperkenalkan bisnis baru ini. Promosi ini akan membantu anda untuk membuat masyarakat mengetahui dimana dan bagaimana usaha anda. Dari sinilah anda akan mendapatkan permintaan konsumen untuk mengirimkan barangnya. Akhirnya, bisnis yang anda kelola bisa berjalan lancar dan meraup untung.

Bagaimana dengan strategi promosi atau marketingnya? Banyak cara yang bisa ditempuh. Tapi, semua kembali ke anda sebagai pemiliknya. Sesuaikan saja dengan budget juga kebutuhan. Anda bisa mempromosikan secara online disampinh promosi lewat bosur atau surat kabar. Promosi online prospek untuk mengumpulkan konsumen sangat besar. Untuk lebih banyak tau tentang ilmu pendidikan dan juga informasi penting kunjungi web rumahbelajarsmart.com

Setelah membaca penjelasan ini, apakah anda tertarik untuk membuka usaha jasa kirim barang?

 

 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *