Suku Bunga KPR 2021
Properti

Temukan Alasan Suku Bunga KPR 2021 Turun

Selama Pandemi COVID-19, Bank BTN Memberikan Penurunan Suku Bunga KPR 2021

 

Tak bisa dimungkiri seluruh lini kehidupan menurun sepanjang pandemi COVID-19 atau virus Corona, termasuk perekonomian. Masyarakat seolah bak “dihantam” oleh wabah yang telah berada setahun lebih di Indonesia. Banyak bisnis yang omsetnya menurun, pemotongan gaji, Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) dan tutupnya lapangan pekerjaan. Untuk itu, Bank BTN memberikan kemudahan khususnya bagi masyarakat yang ingin memiliki rumah. Salah satunya, melalui penurunan Suku Bunga KPR 2021. Dilansir bisnis.com, berdasarkan laporan Suku Bunga Kredit Dasar (SBDK), Bank BTN memangkas bunga seluruh segmen kreditnya.

 

Sejalan dengan arahan pemerintah dan regulator keuangan, Bank BTN mencatatkan penurunan bunga tertinggi sebesar 270 basis poin (bps) atau 3,50 persen. Hal ini dibenarkan oleh Wakil Direktur Utama Bank BTN, Nixon LP Napitupulu, bahwa tahun 2021 sebagai tahun pemulihan ekonomi nasional. Hal ini sangat diupayakan agar dengan turunnya bunga mendukung adanya peningkatan permintaan kredit rumah bagi mereka yang ingin mempunyai rumah impian. Untuk suku bunga kredit korporasi menjadi 8% dari sebelumnya 9,9%, suku bunga kredit ritel menjadi 8,25% dari sebelumnya 9,9%, dan suku bunga kredit konsumsi menjadi 7,25% dari sebelumnya 9,95%.

 

Selain penurunan bunga, Bank BTN juga sudah menyalurkan subsidi bunga dari pemerintah Indonesia, terkait cicilan KPR kepada nasabahnya. Nixon mengungkapkan sebanyak 2,1 triliun rupiah sudah diberikan, kecuali bagi rekening yang sudah lunas sebelumnya. Jadi apabila Anda tiba-tiba kaget atau bingung karena angsuran rumah berkurang, hal ini diatur dalam Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), di mana subsidi bunga KPR merupakan salah satu program ini. Tentunya, tujuan program ini membantu masyarakat mengurangi dampak ekonomi akibat COVID-19.

 

Adapun syarat dan ketentuan pemerintah memberikan keringanan ini, yakni debitur yang membeli rumah tipe 70 ke bawah. Sementara itu, syarat lainnya seperti debitur memiliki NPWP, plafon kredit maksimal 10 miliar rupiah per 29 Februari 2020, memiliki baki debet kredit per 29 Februari 2020, dan debitur masuk dalam kategori lancar dihitung per 29 Februari 2020. Apabila terdapat penurunan cicilan maka anda masuk kategori syarat-syarat di atas. Debitur bisa mendatangi kantor cabang Bank BTN terdekat untuk info lebih lanjut. Nah bagi yang ingin memiliki rumah, intip dulu seputar Suku Bunga KPR 2021 berikut ini!

 

Tersedia Dua Pilihan Jenis KPR Bank BTN

Bank BTN memberikan dua jenis KPR yang bisa didapatkan debitur, yakni KPR Konvensional dan KPR Syariah. KPR Konvensional dikenal dengan sebuah kredit yang memberi peminjaman kepemilikan sebuah rumah menggunakan bunga float rendah. Untuk suku bunga KPR Konvensional terdapat di angka 8,29% dengan cicilan mulai dari Rp 3.042.299 per bulan. Sedangkan, KPR Syariah merupakan KPR yang ditujukan untuk masyarakat dengan nilai-nilai syariah. Suku bunga KPR Syariah terdapat di angka 8,49% dengan cicilan mulai dari Rp 3.519.801 per bulan.

 

Sementara jenis suku bunga yang tersedia, yakni suku bunga anuitas, suku bunga flat, dan suku bunga mengambang (floating). Suku bunga anuitas di mana jumlah bunga awalnya lebih besar dari angsuran pokok, namun selama masa kredit menjadi berbanding terbalik. Dimana suku bunga sebuah flat akan melihat angsuran pokoknya dan juga pada bunga yang sama sampai akhir kredit. Sedangkan suku bunga mengambang (floating) adalah suku bunga yang berubah mengikuti suku bunga Bank Indonesia (BI). Biasanya, suku bunga ini diikuti oleh suku bunga fixed atau tetap pada masa awal kredit, yaitu satu hingga lima tahun pertama.

 

Ajukan KPR Bank BTN Langsung via Website

Untuk meminimalisir penyebaran virus Corona, Bank BTN menyediakan platform pengajuan KPR di website BTN Properti atau www.btnproperti.co.id. Dan anda hanya perlu meluangkan waktu 10 menit saja jika ingin mengajukan kredit secara online dan akan lanjut dihubungkan dengan pihak BTN pada cabang yang paling dekat. Jadi, Anda tidak perlu repot untuk datang ke kantor cabang lagi. Awali dengan mencari “Ajukan Kredit” atau “Ajukan KPR”, kemudian pilih jenis Kredit Konvensional atau Pembiayaan Syariah. Anda perlu melakukan langkah restrasi dengan mengisikan data singkat yang diperlukan pada web BTN Properti.

 

Setelah itu, pengisian data yang harus diisi yaitu data pengajuan, data diri dan pasangan, data angunan, data pekerjaan dan kontak darurat. Lalu, upload dokumen yang dibutuhkan dan cek kembali ringkasan apakah data serta dokumen sudah betul. Apabila Anda belum memiliki rumah idaman, BTN Properti menyediakan pilihan properti yang pastinya telah terpercaya. BTN Properti menjadi platform pertama milik bank yang bekerjasama dengan developer di seluruh Indonesia, seperti Arya Lingga Manik, lalu  ada Grand Mekarsari, kemudian ada juga Duta Putra Land, selanjutnya ada developer HK Realtindo, developer Bandara City, developer PP Urbantown Serpong dan tentunya masih banyak lagi.

 

Temukan properti BTN Properti terpopuler seperti Royal Cikeas Residence Bogor, Griya Bintang Mekarsari Tangerang, Utama Garden Bintaro Tangerang Selatan, Grand Permata Residence Karawang, Mutiara Gading Timur 2 Bekasi, Taman Melati Indah Depok, dan lainnya. Kini, beberapa pilihan properti dengan fitur 4D, sehingga Anda tak perlu lagi berkunjung langsung untuk survei. Tentunya dengan kemudahan ini, Bank BTN berharap dapat membantu masyarakat Indonesia dalam kepemilikan rumah.

 

Nah biar pengajuan KPR lebih mudah, segera miliki aplikasi BTN Properti Mobile yang bisa diunduh langsung di Play Store dan App Store. Ikuti juga perkembangan terbaru BTN Properti pada akun sosial media resmi yaitu Facebook, Twitter, Youtube dan Instagram. Jika ingin menghubungi Bank BTN, Anda bisa melakukan konsultasi Suku Bunga KPR 2021 melalui Customer Service BTN Properti via Live Chat. Temukan pada bagian “Let’s Chat – Online” di bawah kanan website. Masukkan nama, email, nomor ponsel dan kategori pertanyaan sesuai kebutuhan.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *