Print Kain
Lifestyle

Cara Mendapatkan Warna Print Kain Lebih Tajam

Warna pada hasil print kain menjadikan salah satu daya tarik konsumen. Apabila warna yang dihasilkan tidak tajam dan tidak menarik, tentunya tidak akan dilirik oleh konsumen. Karena pada dasarnya pada teknik cetak kain seperti ini hal yang selalu ditonjolkan adalah perpaduan warna dan motif yang bagus.

Semakin bagus hasil yang didapatkan semakin berkualitas tinggi produk tersebut. Meskipun desain atau motif yang cukup sederhana namun dengan perpaduan warna yang tajam dan cocok juga mampu menarik hati konsumen. Untuk itu ada beberapa cara agar kain yang akan dicetak mampu menghasilkan warna-warna yang tajam, diantaranya adalah:

Pemilihan Kain

Agar warna motif yang dihasilkan dari kain dengan cara dicetak keluar, maka salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah pemilihan bahan dasar kain tersebut. Karena apabila bahan kain yang dipilih sembarangan maka jangan heran jika warna yang dihasilkan kurang tajam dan cenderung lebih gelap sehingga kurang menarik.

Adapun bahan kain yang bagus untuk proses pencetakan adalah kain dengan bahan katun, drill, canvas, chiffon dan jersey. Bahan kain tersebut mampu menghasilkan warna jauh lebih bagus dan juga maksimal. Sehingga tidak perlu khawatir warna yang akan dihasilkan tidak terlalu terlihat.

Pemilihan Tinta Yang Original

Untuk mendapatkan warna print kain yang tajam, tentunya dalam pemilihan tinta warna juga harus yang bagus dan berkualitas. Sehingga warna yang nanti dihasilkan akan lebih tajam dan tidak mudah luntur setelah dicuci beberapa kali.

Karena tinta memiliki peran yang penting, maka sebaiknya pilihlah tinta yang original dan hanya khusus untuk memberi warna pada bahan kain saja. Jangan pula tergiur dengan harga yang murah, karena tinta dengan harga yang murah belum tentu memiliki kualitas yang bagus untuk mendapatkan warna yang menarik.

Perpaduan Warna Yang Seimbang

Perpaduan  warna merupakan salah satu teknik yang penting pada saat mendesain motif, sehingga nantinya warna yang dikeluarkan terlihat lebih bagus. Untuk mendapatkan warna yang tajam dapat dengan menggunakan warna biru, merah dan hitam.

Dengan pemilihan warna yang tepat dapat menjadi nilai tambah agar konsumen mau untuk membeli kain tersebut. Warna yang tajam biasanya terdapat pada warna yang mencolok, dan pada saat ini warna mencolok sedang menjadi tren, sehingga jangan ragu untuk menggunakan warna yang cukup mencolok agar hasil warna print kain tersebut terlihat lebih tajam.

Menguji Warna Kain

Setelah menemukan warna yang akan digunakan, langkah selanjutnya adalah menguji warna tersebut dengan menggunakan mesin cetak kain. Uji warna ini berguna untuk melihat hasil dari warna tinta apabila sudah dicetak, apakah warna tersebut keluar lebih tajam atau tidak. Untuk menguji warnanya, maka perlu disiapkan kain kecil sebagai contohnya.

Terkadang warna yang ada pada desain tidak sesuai dengan hasil cetaknya. Hal tersebut dapat dipengaruhi oleh tingkat cahaya yang ada pada komputer, sehingga warna yang keluar sedikit berbeda. Untuk itu perlu adanya uji warna terlebih dahulu agar mengetahui warna yang dihasilkan sesuai dengan keinginan atau tidak.

Kesimpulan

Di atas merupakan cara yang mudah untuk mendapatkan warna print kain menjadi lebih tajam. Anda dapat mempraktekkan cara di atas agar mendapatkan hasil yang lebih maksimal. Jangan lupa untuk mengetahui warna apa saja yang tidak dapat menghasilkan warna dengan tajam. Nah bagi Anda yang ingin mencari kain printing dengan motif beragam dan juga kualitas terbaik bisa membelinya di marketplace digital Fullprint.id.

 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *